Friday 23 December 2016

Motivasi Belajar / Bab 1

BAB I
PENDAHULUAN
1.1            Latar Belakang
      Lembaga pendidikan (sekolah) merupakan wadah para siswa dalam menggali ilmu pengetahuan, salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi tingkat hasil belajar siswa adalah motivasi belajar yang ada pada diri siswa. Adanya motivasi belajar yang kuat membuat siswa belajar dengan tekun yang pada akhirnya terwujud dalam hasil belajar siswa tersebut.Oleh karena itulah motivasi belajar hendaknya ditanamkan pada diri siswaagar dengan demikian ia akan dengan senang hati akan mengikuti materipelajaran yang diajarkan oleh gurudi sekolah. Perlu ditanamkan pada dirisiswa bahwa dengan belajarlah akan mendapatkan pengetahuan yang baik,siswa akan mempunyai bekal menjalani kehidupannya di kemudian hari.
      Hal– hal yang dapat mempengaruhi motivasi belajar pada diri siswa dapat timbul dari dirinya sendiri, lingkungan sekolah maupun dari lingkungan keluarga. Dari lingkungan sekolah misalnya guru di samping mengajar jugahendaknya menanamkan motivasi belajar kepada siswa yang diajarnya. Banyak siswa yang tidak termotivasi belajar mengakibatkan hasil belajarnya menurun. Oleh karena itulah sekolah hendaknya mengkondisikan lingkungannya sedemikian rupa dengan demikian siswa akan termotivasi untuk belajar.
      Mengingat akan pentingnya motivasi belajar ini dalam kegiatan belajarmengajar, maka sudah seharusnya berbagai pihak yang terkait dengan bidang pendidikan menaruh perhatian sebaik-baiknya.
1.2            Rumusan Masalah
        Berdasarkan latar belakang masalah di atas, rumusan masalah yang diajukan dalam penulisan ini adalah “Motivasi Belajar”, rumusan masalah tersebut telah dirinci sebagai berikut:
a.       Apa pengertian dari Motivasi?
b.      Apa saja jenis-jenis Motivasi?
c.       Apa fungsi dari Motivasi Belajar?
d.      Bagaimana Motifasi dalam Belajar?
e.       Apa saja unsur-unsur yang mempengaruhi Motivasi Belajar?
f.       Apa saja prinsip-prinsip Motivasi?
g.      Bagaimana upaya untuk meningkatkan Motivasi Belajar?

1.3            Tujuan
      Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan umum penulisan ini adalah untuk memperoleh diskripsi secara mendalam dan menyeluruh tentang Motivasi Belajar. Adapun tujuan secara khusus dari penulisan ini adalah memperoleh informasi secara mendalam dan menyeluruh tentang :
a.       Pengertian dari Motivasi.
b.      Jenis-jenis Motivasi.
c.       Fungsi dari Motivasi Belajar.
d.      Motifasi dalam Belajar.
e.       Unsur-unsur yang mempengaruhi Motivasi Belajar.
f.       Prinsip-prinsip Motivasi.
g.      Upaya untuk meningkatkan Motivasi Belajar.


No comments:

Post a Comment