BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Motivasi
adalah sesuatu yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas. Pengertian motivasi adalah
keseluruhan daya penggerak baik dari dalam diri maupun dari luar dengan menciptakan
serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu yang menjamin
kelangsungan dan memberikan arah pada kegiatan sehingga tujuan yang dikehendaki
oleh subjek itu dapat tercapai.
Dalam
membicarakan macam-macam motivasi belajar, disini saya
hanya akan dibahas dari dua macam sudut pandang, yakni motivasi yang berasal
dari dalam pribadi seseorang yang biasa disebut ”motivasi intrinsik” dan
motivasi yang berasal dari luar diri seseorang yang biasa disebut ”motivasi
ekstrinsik”.
Kita semua tentunya mengetahui arti
penting motivasi dalam proses belajar. Dalam belajar sangat diperlukan
motivasi. Motivation is an essential condition of learning. Hasil belajar akan
menjadi optimal, jika ada motivasi. Semakin tepat motivasi yang diberikan, akan
semakin berhasil juga pelajaran itu.
Mengingat pentingnya faktor motivasi
ini maka setiap pihak yang terlibat dalam aktivitas persekolahan harus berusaha
memperhatikan dan mencari cara untuk menumbuhkan, menjaga, serta mengarahkan
motivasi tersebut agar peserta didik dapat meraih prestasi optimal.
Sebenarnya, prinsip-prinsip yang
dimaksud dapat kita jumpai dalam berbagai sumber kepustakaan psikologi. Namun
untuk mudahnya, dalam pembahasan ini akan dikemukakan prinsip-prinsip belajar
yang diintisarikan oleh Rothwal
(1961)
3.2
Saran
Sebagai seorang manusia, seharusnya mempunyai motivasi
agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.
No comments:
Post a Comment