TUGAS BESAR
PRAKTIKUM BAHASA PEMROGRAMAN
I
Bangun Ruang
Sisi Lengkung
Dosen Pembimbing : Isdah Achmad
Diusulkan Oleh :
Fika Puspitasari (201010060311018)
Anggi
Vianjayanti (201010060311002)
Feni Dwi
Maslin (201010060311010)
Sari Nur
Meilisa (201010060311004)
Jurusan Pendidikan Matematika dan Komputasi
Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas
Muhammadiyah Malang
2010
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puja dan puji
syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat, Taufik dan
Hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan
dengan judul “Bangun Ruang Sisi Lengkung”
tepat pada waktunya. Shalawat serta salam tetap terlimpahkan kepada
junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita kepada cahaya ilahi.
Penulis
menyadari bahwa dalam pembuatan laporan ini masih jauh dari sempurna dan tidak
dapat berjalan lancar tanpa adanya nasehat, bantuan, petunjuk serta bimbingan
dan saran berupa apapun dari berbagai
pihak, sehingga penulis mampu menyelesaikan laporan ini.
Dalam penyusunan laporan ini, penulis menyadari
bahwa masih ada kekurangan karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Oleh
karena itu, kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat penulis harapkan
demi sempurnanya makalah ini.
Semoga Allah SWT memberikan balasan kepada semua
pihak yang terkait dan penulis berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi
penyusun dan pembaca.
Malang, Januari 2012
Kelompok
9
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
A. JUDUL 1
B. LATAR
BELAKANG 2
C. RUMUSAN
MASALAH 2
D. TUJUAN 2
E. HASIL
YANG DIHARAPKAN 2
F. KEGUNAAN
PROGRAM 2
G. TINJAUAN
PUSTAKA 3
H. SASARAN
PENGGUNA 8
I. PELAKSANAAN 9
J. FLOWCHART 10
DAFTAR
PUSTAKA 29
LAMPIRAN 29
SOURCECODE 30
SCREEN
CODE 37
K.
JUDUL
Bangun Ruang
Sisi Lengkung
L.
LATAR
BELAKANG
Bangun ruang sisi lengkung adalah salah satu materi yang
sering dipelajari dalam matematika. Bangun ruang sisi lengkung terdiri atas
tabung, kerucut, dan Bola. Di sekitar kita banyak dijumpai benda-benda yang merupakan
refleksi dari bangun ruang sisi lengkung. Bahkan benda-benda tersebut sering
kita gunakan baik sebagai peralatan maupun permainan. Sebut saja bola,
kelereng, kaleng minuman, bedug, terompet, dan corong. Jika demikian,
benda-benda tersebut tidak asing lagi bagi kita. Benda-benda tersebut merupakan
refleksi dari bangun ruang yang berupa bola, tabung, dan kerucut. Akan lebih
menyenangkan jika kita dapat mengetahui berapa banyak benda-benda tersebut
menampung udara, air, serta berapa panjang dan luas kulit bola atau kaleng
tersebut.
Tabung
merupakan pendekatan dari prisma segi-n, dimana n mendekati tak hingga.
Artinya, jika rusuk-rusuk pada alas prisma diperbanyak maka akan membentuk
sebuah tabung dimana hanya mendekati satu bidang alas, satu bidang atas dan
satu sisi tegak. Karena alas dan tutup tabung berbentuk lingkaran dengn jari –
jari r maka volume tabung adalah perkalian luas daerah lingkaran alas dengan
tinggi tabung. Sedangkan untuk luas permukaan tabung yaitu jumlah antara alas
tabung, tutup tabung, dan selimut tabung yang berbentuk persegi panjang.
Kerucut tersusun dari dua bangun
datar, yaitu lingkaran dengan jari – jari r sebagai alas dan selimut yang berupa bidang
lengkung (juring lingkaran) dengan jari-jari s dan
panjang busur 2πr, Kedua
bangun datar yang menyusun kerucut tersebut disebut jaring-jaring kerucut.
Luas seluruh permukaan kerucut atau luas sisi kerucut merupakan jumlah dari
luas juring ditambah luas alas yang berbentuk lingkaran. Kerucut dipandang
sebagai limas dengan alas lingkaran oleh karena itu volumenya yaitu 1/3 luas
alas dikali tinggi.
Suatu lingkaran diputar setengah putaran dengan diameter
sebagai sumbu putarnya akan diperoleh bangun ruang yang disebut bola dengan jari-jari bola r dan
tinggi d. Jika kita memisahkan kulit bola maka akan terbentuk empa bangun
lingkaran dengan jari-jari yang sama. Sehingga untuk luas permukaan bola yaitu
4 kali luas lingkaran.
Dilihat dari penjelasan di atas, bangun ruang sisi
lengkung merupakan materi yang cukup rumit untuk dipelajari. Oleh karena itu
kami ingin menyusun sebuah program matematika berbasis IPTEK dengan menggunakan
Program Turbo Pascal for Window
( TPW 1.5 ) dalam
pembelajaran serta perhitungan bangun ruang sisi lengkung.
M.
RUMUSAN
MASALAH
1. Bagaimana
materi bangun ruang sisi lengkung dapat tersampaikan kepada siswa secara
efektif dengan adanya progam pembelajaran ini ?
2. Bagaimana
siswa dapat memahami materi-materi terkait dengan bangun ruang sisi lengkung
dengan adanya program pembelajaran ?
N. TUJUAN
1. Untuk
dapat menyampaikan materi bangun ruang sisi lengkung yang terdiri dari tabung,
kerucut dan bola secara efektif kepada siswa.
2. Siswa
dapat memahami materi yang disampaikan yakni bangun ruang sisi lengkung dengan
baik
O.
HASIL
YANG DIHARAPKAN
Pembuatan
aplikasi pembelajaran matematika (bangun ruang sisi lengkung) ini adalah untuk
memperkenalkan program pembelajaran matematika terutama bahasan mengenai bangun
ruang sisi lengkung dengan Turbo Pascal For Windows. Adanya program ini peserta
didik dan para pendidik yang menjadi sasaran pengguna mendapatkan kemudahan
dalm memahami bahasan mengena bangun ruang sisi lengkung, dari mengetahui
unsur-unsur yang dimiliki oleh bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan
bola), mengetahui rumus luas permukaan dan volum masing-masing bangun ruang
sisi lengkung dan perhitungannya serta mengetehui benda-benda dalam kehidupan
sehari-sehari yang berbentuk tabung, kerucut, dan bola.
P.
KEGUNAAN
PROGRAM
Adanya
program pembelajaran berbasis iptek ini memiliki beberapa manfaat (kegunaan)
diantaranya dari aspek Aspek iptek Pembelajaran berbasis iptek saat ini telah
banyak digunakan karena banyak memberikan manfaat seperti tampilan yang
menarik, praktis, dan tentunya memberi kemudahan bagi para pendidik. Dengan
demikian pengembangan pembuatan aplikasi pembelajaran berbasis iptek ini perlu ditingkatkan.
Adanya pembuatan program seperti ini dapat melatih jiwa kreatif terutama pada
siswa.
Q.
TINJAUAN
PUSTAKA
Jenis-jenis bangun ruang sisi lengkung
1. Tabung (Silinder)
Perhatikan gambar di samping.
Bentuk apakah yang dimanfaatkan alat musik tersebut. Mengapa drum selalu
berbentuk tabung?
a. Unsur-unsur Tabung
Sebelum kita mempelajari lebih lanjut
mengenai tabung, coba sebutkan benda-benda di sekitar kalian yang berbentuk
tabung.
Dari gambar tersebut kita akan dapat mengetahui unsur-unsur tabung
yakni :
Tinggi
tabung ET
Jari-jari
alas tabung CT=TD dan jari-jari atas
tabung AE=EB
Diameter
alas tabung CD dan diameter atap tabung AB
Alas dan
atap tabung berupa bidang datar yang berbentuk Lingkaran
Selimut tabung berupa bidang lengkung. Apabila dibuka dan dilembarkan berbentuk Persegi panjang
Luas permukaan dan Volume Tabung
1)
Luas Selimut
luas seluruh
permukaan tabung atau luas sisi tabung merupakan jumlah dari luas alas ditambah
luas selimut dan luas atap. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar
jaring-jaring tabung sekali lagi.
Sehingga kita dapatkan rumus:
2)
Volume Tabung
Tabung
merupakan pendekatan dari prisma segi-n, dimana n mendekati tak hingga.
Artinya, jika rusuk-rusuk pada alas prisma diperbanyak maka akan membentuk
sebuah tabung dimana hanya mendekati satu bidang alas, satu bidang atas dan
satu sisi tegak. Karena alas dan tutup tabung berbentuk lingkaran maka volume
tabung adalah perkalian luas daerah lingkaran alas dengan tinggi tabung.
2. Kerucut
1. Unsur-unsur Kerucut
Dengan mengamati gambar tersebut,
kita dapat mengetahui unsur-unsur kerucut dengan melengkapi pernyataan berikut.
1) Tinggi kerucut = AD
2) Jari-jari alas kerucut = BD = DC
3) Diameter alas kerucut =BC
2.
Menghitung
Luas Selimut dan Volume Kerucut
1) Luas Selimut
Dengan memerhatikan gambar, kita dapat mengetahui bahwa luas seluruh permukaan kerucut atau luas sisi kerucut merupakan jumlah dari luas juring ditambah luas alas yang berbentuk lingkaran. Untuk lebih jelasnya perhatikan jaring-jaring kerucut ini.
Sedangkan luas permukaan kerucut = luas
selimut + luas alas kerucut
= πrs + πr2
= πr (s + r)
Jadi,
Dengan:
r = jari-jari lingkaran alas kerucut
s = garis pelukis (apotema)
2) Volume
Kerucut
Kerucut dapat dipandang sebagai limas yang alasnya berbentuk
lingkaran. Oleh karena itu kita dapat merumuskan volume kerucut sebagai
berikut.
1. Bola
a. Unsur-unsur Bola
Perhatikan gambar berikut.
Suatu lingkaran diputar setengah
putaran dengan diameter sebagai sumbu putarnya akan diperoleh bangun ruang
seperti gambar 2.10 (b). Bentuk bangun yang demikian disebut bola dengan
jari-jari bola r dan tinggi d.
a.
Menghitung
Luas Selimut dan Volume Bola
Sebelum mempelajari luas selimut dan
volume bola, lakukanlah kegiatan berikut.
Ternyata dari kegiatan di atas kita
dapat merumuskan luas selimut atau permukaan (sisi) bola. Jika jari-jari alas
tabung tersebut r dan tingginya sama dengan diameter d, maka luas selimut atau
sisi bola dengan jari-jari r adalah:
R.
SASARAN
PENGGUNA
Sasaran dari program pembelajaran Bangun Ruang
Berbasis IPTEK ini adalah :
Secara
khusus
1. Bagi
para pendidik yaitu untuk membantu proses pembelajaran sehingga matematika
tidak bersifat monoton. Dengan adanya aplikasi tersebut pendidik dapat
mengajarkan bangun ruang tanpa harus menuliskan di papan.
2. Bagi
para peserta didik yaitu untuk membantu mereka dalam memahami materi yang ada
dalam aplikasi, namun bukan berarti mereka di ajarkan untuk tidak menghitung.
Karena dalam pembelajaran harus dipahamkan bahwa program yang dibuat adalah
sebagai penunjang saja.
Secara
Umum
Bagi
masyarakat secara umum yang membutuhkan perhitungan aplikasi bangun ruang
misalnya pengisian bak atau tabung PDAM, pembuatan topi ulang tahun, pengisian
udara dalam balon atau bola, dan lain-lain. Dengan adanya program ini,
masyarakat yang membutuhkan perhitungan bangun ruang, tidak lagi merasa
kesulitan karena dalam matematika perhitungan bangun ruang terutama untuk sisi
lengkung, perhitungannya dinilai cukup rumit dan sulit.
S. PELAKSANAAN
Adapun
pelaksanaan pembuatan program pembelajaran matematika mengenai bangun ruang
sisi lengkung adalah sebagai berikut :
Waktu dan tanggal
|
Tempat dan Kegiatan
|
Anggota yang hadir
|
Jumat,
9 Desember 2011. Pukul 9.00 WIB
|
Di
perpustakaan UMM, perencanaan pembuatan program.
|
Semua
anggota kelompok
(fika,
sari, feni, anggi)
|
Minggu,
11
Desember 2011. Pukul 10.00 – 15.59 WIB
|
Di
area hot spot UMM, pembuatan program
|
Semua
anggota kelompok
(fika,
sari, feni, anggi)
|
Senin
– selasa, 12-13 Desember 2011.
Pukul
8.00-selesai
|
Senin,
di perpustakaan UMM,melanjutkan pembuatan program. Selasa, konsultasi judul.
|
Semua
anggota kelompok
(fika,
sari, feni, anggi)
|
Kamis,
15
Desember 2011
Pukul
13.00-18.00 WIB
|
ICT,
finishing program dan pembuatan makalah.
|
Semua
anggota kelompok
(fika,
sari, feni, anggi)
|
Sabtu,
17
Dessember 2011
Pukul
20.00-23.00 WIB
|
Kos
fika, finishing program dan makalah
|
Semua
anggota kelompok
(fika,
sari, feni, anggi)
|
Minggu,
18
Desember 2011
Pukul
8.00-11.00 WIB
|
Kos
sari, finishing program dan makalah
|
Semua
anggota kelompok
(fika,
sari, feni, anggi)
|
Senin,
19 Desember 2011. Pukul 8.00-13.00 WIB
|
Kos
feni, finishing program dan makalah dan persiapan presentasi.
|
Semua
anggota kelompok
(fika,
sari, feni, anggi)
|
J. FLOWCHART
Flowchart Tabung :
Flowchart Unsur tabung :
Flowchart Rumus tabung :
Flowchart Contoh Soal :
Flowchart Latihan Soal :
Flowchart Benda
Tabung :
Flowchart Kerucut :
Flowchart Unsur Kerucut :
Flowchart Rumus
Kerucut :
Flowchart
Contoh Soal :
Flowchart Latihan Soal :
Flowchart Benda Kerucut :
Flowchart Bola :
Flowchart Unsur Bola :
Flowchart Rumus
Bola :
Flowchart contoh Soal :
Flowchart Latihan Soal :
Flowchart Benda
Bola :
K.
DAFTAR
PUSTAKA
·
Brumfiel,c.f et al.
1964 Geometry. London :
Addison-Wesley Publisinh company.
·
Wilcox, S.M. 1968. Geometry : A Modern Approach . California
: Addison - Wesley publising Company.
L.
LAMPIRAN
1. KETUA
KELOMPOK
Nama : Fika Puspitasari
Kelas
: Matkom 3A
Nim
:
201010060311018
Alamat : Jl.Tirto Utomo gang 5
No.8
Dusun
Rambaan Desa LandungSari
TTL : Jombang,8
september 1991
2. ANGGOTA
KELOMPOK
1. Nama : Anggi Vianjayanti
Kelas : Matkom 3A
Nim : 201010060311002
Alamat : Jl.Flamboyan Blok J4 Batu
TTL : Madiun,23 oktober 1987
2. Nama : Sari Nur Meilisa
Kelas : Matkom 3A
Nim : 201010060311004
Alamat : Jl.Tirto Utomo gang 5 No.3b
Dusun Rambaan Desa LandungSari
TTL : Balikpapan,5 mei 1992
3. Nama
: Feni Dwi Maslin
Kelas : Matkom 3A
Nim : 201010060311010
Alamat : Jl.Tlogo Al-Khausar No.48
Malang
TTL : Mojokerto,16 Desember
1991
M.
SOURCE
CODE
N.
O.
P.
Q.
R.
S.
T.
U.
V.
N. Screen source
No comments:
Post a Comment