Selasa, 15 Januari 2013

TUGAS BESAR PRAKTIKUM BAHASA PEMROGRAMAN I Bangun Ruang Sisi Lengkung



         

   TUGAS BESAR PRAKTIKUM BAHASA PEMROGRAMAN I
Bangun Ruang Sisi Lengkung
   Dosen Pembimbing : Isdah Achmad
             Diusulkan Oleh :
Fika Puspitasari                     (201010060311018)
Anggi Vianjayanti                 (201010060311002)
Feni Dwi Maslin                     (201010060311010)
Sari Nur Meilisa                     (201010060311004)

                   Jurusan Pendidikan Matematika dan Komputasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Malang
2010

KATA PENGANTAR
            Dengan memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan dengan judul “Bangun Ruang Sisi Lengkung” tepat pada waktunya. Shalawat serta salam tetap terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita kepada cahaya ilahi.
      Penulis menyadari bahwa dalam pembuatan laporan ini masih jauh dari sempurna dan tidak dapat berjalan lancar tanpa adanya nasehat, bantuan, petunjuk serta bimbingan dan saran berupa apapun  dari berbagai pihak, sehingga penulis mampu menyelesaikan laporan ini.
Dalam penyusunan laporan ini, penulis menyadari bahwa masih ada kekurangan karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Oleh karena itu, kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat penulis harapkan demi sempurnanya makalah ini.
Semoga Allah SWT memberikan balasan kepada semua pihak yang terkait dan penulis berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi penyusun dan pembaca.
           
Malang,    Januari 2012
                                                                                                  
                                                                                    Kelompok 9






DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR                                                                                               i
DAFTAR ISI                                                                                                              ii
A.    JUDUL                                                                                                                        1
B.     LATAR BELAKANG                                                                                                2
C.     RUMUSAN MASALAH                                                                                2
D.    TUJUAN                                                                                                          2
E.     HASIL YANG DIHARAPKAN                                                                    2
F.      KEGUNAAN PROGRAM                                                                             2
G.    TINJAUAN PUSTAKA                                                                                 3
H.    SASARAN PENGGUNA                                                                              8
I.       PELAKSANAAN                                                                                           9
J.       FLOWCHART                                                                                                            10
DAFTAR PUSTAKA                                                                                                            29
LAMPIRAN                                                                                                               29
SOURCECODE                                                                                                         30
SCREEN CODE                                                                                                        37







K.  JUDUL
Bangun Ruang Sisi Lengkung

L.   LATAR BELAKANG
            Bangun ruang sisi lengkung adalah salah satu materi yang sering dipelajari dalam matematika. Bangun ruang sisi lengkung terdiri atas tabung, kerucut, dan Bola. Di sekitar kita banyak dijumpai benda-benda yang merupakan refleksi dari bangun ruang sisi lengkung. Bahkan benda-benda tersebut sering kita gunakan baik sebagai peralatan maupun permainan. Sebut saja bola, kelereng, kaleng minuman, bedug, terompet, dan corong. Jika demikian, benda-benda tersebut tidak asing lagi bagi kita. Benda-benda tersebut merupakan refleksi dari bangun ruang yang berupa bola, tabung, dan kerucut. Akan lebih menyenangkan jika kita dapat mengetahui berapa banyak benda-benda tersebut menampung udara, air, serta berapa panjang dan luas kulit bola atau kaleng tersebut.
            Tabung merupakan pendekatan dari prisma segi-n, dimana n mendekati tak hingga. Artinya, jika rusuk-rusuk pada alas prisma diperbanyak maka akan membentuk sebuah tabung dimana hanya mendekati satu bidang alas, satu bidang atas dan satu sisi tegak. Karena alas dan tutup tabung berbentuk lingkaran dengn jari – jari r maka volume tabung adalah perkalian luas daerah lingkaran alas dengan tinggi tabung. Sedangkan untuk luas permukaan tabung yaitu jumlah antara alas tabung, tutup tabung, dan selimut tabung yang berbentuk persegi panjang.
            Kerucut tersusun dari dua bangun datar, yaitu lingkaran dengan jari – jari r  sebagai alas dan selimut yang berupa bidang lengkung (juring lingkaran) dengan jari-jari s dan panjang busur 2πr, Kedua bangun datar yang menyusun kerucut tersebut disebut jaring-jaring kerucut. Luas seluruh permukaan kerucut atau luas sisi kerucut merupakan jumlah dari luas juring ditambah luas alas yang berbentuk lingkaran. Kerucut dipandang sebagai limas dengan alas lingkaran oleh karena itu volumenya yaitu 1/3 luas alas dikali tinggi.
            Suatu lingkaran diputar setengah putaran dengan diameter sebagai sumbu putarnya akan diperoleh bangun ruang yang disebut bola dengan jari-jari bola r dan tinggi d. Jika kita memisahkan kulit bola maka akan terbentuk empa bangun lingkaran dengan jari-jari yang sama. Sehingga untuk luas permukaan bola yaitu 4 kali luas lingkaran.
            Dilihat dari penjelasan di atas, bangun ruang sisi lengkung merupakan materi yang cukup rumit untuk dipelajari. Oleh karena itu kami ingin menyusun sebuah program matematika berbasis IPTEK dengan menggunakan Program Turbo Pascal for Window
( TPW 1.5 ) dalam pembelajaran serta perhitungan bangun ruang sisi lengkung.

M. RUMUSAN MASALAH
1.    Bagaimana materi bangun ruang sisi lengkung dapat tersampaikan kepada siswa secara efektif dengan adanya progam pembelajaran ini ?
2.    Bagaimana siswa dapat memahami materi-materi terkait dengan bangun ruang sisi lengkung dengan adanya program pembelajaran ?

N.    TUJUAN
1.      Untuk dapat menyampaikan materi bangun ruang sisi lengkung yang terdiri dari tabung, kerucut dan bola secara efektif kepada siswa.
2.      Siswa dapat memahami materi yang disampaikan yakni bangun ruang sisi lengkung dengan baik
O.  HASIL YANG DIHARAPKAN
            Pembuatan aplikasi pembelajaran matematika (bangun ruang sisi lengkung) ini adalah untuk memperkenalkan program pembelajaran matematika terutama bahasan mengenai bangun ruang sisi lengkung dengan Turbo Pascal For Windows. Adanya program ini peserta didik dan para pendidik yang menjadi sasaran pengguna mendapatkan kemudahan dalm memahami bahasan mengena bangun ruang sisi lengkung, dari mengetahui unsur-unsur yang dimiliki oleh bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola), mengetahui rumus luas permukaan dan volum masing-masing bangun ruang sisi lengkung dan perhitungannya serta mengetehui benda-benda dalam kehidupan sehari-sehari yang berbentuk tabung, kerucut, dan bola.

P.    KEGUNAAN PROGRAM
       Adanya program pembelajaran berbasis iptek ini memiliki beberapa manfaat (kegunaan) diantaranya dari aspek Aspek iptek Pembelajaran berbasis iptek saat ini telah banyak digunakan karena banyak memberikan manfaat seperti tampilan yang menarik, praktis, dan tentunya memberi kemudahan bagi para pendidik. Dengan demikian pengembangan pembuatan aplikasi pembelajaran berbasis iptek ini perlu ditingkatkan. Adanya pembuatan program seperti ini dapat melatih jiwa kreatif terutama pada siswa.

Q.  TINJAUAN PUSTAKA
Jenis-jenis bangun ruang sisi lengkung
1.    Tabung (Silinder)
Perhatikan gambar di samping. Bentuk apakah yang dimanfaatkan alat musik tersebut. Mengapa drum selalu berbentuk tabung?
a.       Unsur-unsur Tabung
Sebelum kita mempelajari lebih lanjut mengenai tabung, coba sebutkan benda-benda di sekitar kalian yang berbentuk tabung.








Dari gambar tersebut kita akan dapat mengetahui unsur-unsur tabung yakni :
Tinggi tabung ET
Jari-jari alas tabung CT=TD dan jari-jari atas tabung AE=EB
Diameter alas tabung CD dan diameter atap tabung AB
Alas dan atap tabung berupa bidang datar yang berbentuk Lingkaran
Selimut tabung berupa bidang lengkung. Apabila dibuka dan  dilembarkan berbentuk Persegi panjang

Luas permukaan dan Volume Tabung

1)    Luas Selimut
luas seluruh permukaan tabung atau luas sisi tabung merupakan jumlah dari luas alas ditambah luas selimut dan luas atap. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar jaring-jaring tabung sekali lagi.








Sehingga kita dapatkan rumus:



2)    Volume Tabung
Tabung merupakan pendekatan dari prisma segi-n, dimana n mendekati tak hingga. Artinya, jika rusuk-rusuk pada alas prisma diperbanyak maka akan membentuk sebuah tabung dimana hanya mendekati satu bidang alas, satu bidang atas dan satu sisi tegak. Karena alas dan tutup tabung berbentuk lingkaran maka volume tabung adalah perkalian luas daerah lingkaran alas dengan tinggi tabung.

2.      Kerucut

1.      Unsur-unsur Kerucut

Dengan mengamati gambar tersebut, kita dapat mengetahui unsur-unsur kerucut dengan melengkapi pernyataan berikut.
1)      Tinggi kerucut = AD
2)      Jari-jari alas kerucut = BD = DC
3)      Diameter alas kerucut =BC
4)      Apotema atau garis pelukis = AB = AC
2.      Menghitung Luas Selimut dan Volume Kerucut

1)    Luas Selimut

Dengan memerhatikan gambar, kita dapat mengetahui bahwa luas seluruh permukaan kerucut atau luas sisi kerucut merupakan jumlah dari luas juring ditambah luas alas yang berbentuk lingkaran. Untuk lebih jelasnya perhatikan jaring-jaring kerucut ini.

Sedangkan luas permukaan kerucut = luas selimut + luas alas kerucut
   = πrs + πr2
   = πr (s + r)

  Jadi,
Dengan:
r = jari-jari lingkaran alas kerucut
s = garis pelukis (apotema)



2)      Volume Kerucut
Kerucut dapat dipandang sebagai limas yang alasnya berbentuk lingkaran. Oleh karena itu kita dapat merumuskan volume kerucut sebagai berikut.


1.      Bola
a.      Unsur-unsur Bola
Perhatikan gambar berikut.

Suatu lingkaran diputar setengah putaran dengan diameter sebagai sumbu putarnya akan diperoleh bangun ruang seperti gambar 2.10 (b). Bentuk bangun yang demikian disebut bola dengan jari-jari bola r dan tinggi d.
a.       Menghitung Luas Selimut dan Volume Bola
Sebelum mempelajari luas selimut dan volume bola, lakukanlah kegiatan berikut.
Ternyata dari kegiatan di atas kita dapat merumuskan luas selimut atau permukaan (sisi) bola. Jika jari-jari alas tabung tersebut r dan tingginya sama dengan diameter d, maka luas selimut atau sisi bola dengan jari-jari r adalah:















R.   SASARAN PENGGUNA
Sasaran dari program pembelajaran Bangun Ruang Berbasis IPTEK ini adalah :
Secara khusus
1.    Bagi para pendidik yaitu untuk membantu proses pembelajaran sehingga matematika tidak bersifat monoton. Dengan adanya aplikasi tersebut pendidik dapat mengajarkan bangun ruang tanpa harus menuliskan di papan.
2.    Bagi para peserta didik yaitu untuk membantu mereka dalam memahami materi yang ada dalam aplikasi, namun bukan berarti mereka di ajarkan untuk tidak menghitung. Karena dalam pembelajaran harus dipahamkan bahwa program yang dibuat adalah sebagai penunjang saja.
Secara Umum
Bagi masyarakat secara umum yang membutuhkan perhitungan aplikasi bangun ruang misalnya pengisian bak atau tabung PDAM, pembuatan topi ulang tahun, pengisian udara dalam balon atau bola, dan lain-lain. Dengan adanya program ini, masyarakat yang membutuhkan perhitungan bangun ruang, tidak lagi merasa kesulitan karena dalam matematika perhitungan bangun ruang terutama untuk sisi lengkung, perhitungannya dinilai cukup rumit dan sulit.



S.      PELAKSANAAN
Adapun pelaksanaan pembuatan program pembelajaran matematika mengenai bangun ruang sisi lengkung adalah sebagai berikut :
Waktu dan tanggal
Tempat dan Kegiatan
Anggota yang hadir
Jumat, 9 Desember 2011. Pukul 9.00 WIB
Di perpustakaan UMM, perencanaan pembuatan program.
Semua anggota kelompok
(fika, sari, feni, anggi)
Minggu,
11 Desember 2011. Pukul 10.00 – 15.59 WIB
Di area hot spot UMM, pembuatan program
Semua anggota kelompok
(fika, sari, feni, anggi)
Senin – selasa, 12-13 Desember 2011.
Pukul 8.00-selesai
Senin, di perpustakaan UMM,melanjutkan pembuatan program. Selasa, konsultasi judul.
Semua anggota kelompok
(fika, sari, feni, anggi)
Kamis,
15 Desember 2011
Pukul 13.00-18.00 WIB
ICT, finishing program dan pembuatan makalah.
Semua anggota kelompok
(fika, sari, feni, anggi)

Sabtu,
17 Dessember 2011
Pukul 20.00-23.00 WIB
Kos fika, finishing program dan makalah
Semua anggota kelompok
(fika, sari, feni, anggi)

Minggu,
18 Desember 2011
Pukul 8.00-11.00 WIB
Kos sari, finishing program dan makalah
Semua anggota kelompok
(fika, sari, feni, anggi)

Senin, 19 Desember 2011. Pukul 8.00-13.00 WIB
Kos feni, finishing program dan makalah dan persiapan presentasi.
Semua anggota kelompok
(fika, sari, feni, anggi)


J. FLOWCHART

Flowchart Tabung :

 







Flowchart Unsur tabung :










Flowchart Rumus tabung :











Flowchart Contoh Soal :










Flowchart Latihan Soal :










Flowchart Benda Tabung :











Flowchart Kerucut :









Flowchart Unsur Kerucut :










Flowchart Rumus  Kerucut :










Flowchart  Contoh Soal :










Flowchart Latihan Soal :










Flowchart Benda Kerucut :








Flowchart Bola :











Flowchart Unsur Bola :










Flowchart Rumus  Bola :










Flowchart contoh Soal :










Flowchart Latihan Soal :










Flowchart Benda  Bola :
K.  DAFTAR PUSTAKA
·      Brumfiel,c.f et al. 1964 Geometry. London : Addison-Wesley Publisinh company.
·      Wilcox, S.M. 1968. Geometry : A Modern Approach . California : Addison -  Wesley publising Company.


L.   LAMPIRAN

1.    KETUA KELOMPOK
Nama                          : Fika Puspitasari
Kelas                           : Matkom 3A
Nim                             : 201010060311018
Alamat                        : Jl.Tirto Utomo gang 5 No.8
                                    Dusun Rambaan Desa LandungSari
TTL                             : Jombang,8 september 1991

2.    ANGGOTA KELOMPOK

1.    Nama                     : Anggi Vianjayanti                                               
Kelas                      : Matkom 3A
Nim                        : 201010060311002
Alamat                   : Jl.Flamboyan Blok J4 Batu
TTL                        : Madiun,23 oktober 1987      

2.    Nama                     : Sari Nur Meilisa
Kelas                      : Matkom 3A
Nim                        : 201010060311004
Alamat                   : Jl.Tirto Utomo gang 5 No.3b
                               Dusun Rambaan Desa LandungSari
TTL                        : Balikpapan,5 mei 1992

3.    Nama                     : Feni Dwi Maslin
Kelas                      : Matkom 3A
Nim                        : 201010060311010
Alamat                   : Jl.Tlogo Al-Khausar No.48 Malang
TTL                        : Mojokerto,16 Desember 1991
M. SOURCE CODE




















N.      
O.      
P.       
Q.      
R.       
S.        

T.      
U.      
V.       








































       






















        






       















































N. Screen source








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar